5 Manfaat Tersenyum dari Segi Medis dan Kesehatan

557177_386852801370556_836852490_nTersenyum tidak hanya memiliki nilai ibadah dan membuat wajah terlihat lebih segar, namun juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya yuk kita lhat sama-sama, Jangan lupa share/bagikan ya sist siapa tau ada temen yang lagi cemberut / bete ^_^

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tersenyum mampu mendorong sistem kekebalan tubuh untuk bekerja dengan lebih baik. Saat tersenyum, Anda akan merasakan sensasi rileks yang dihasilkan oleh fungsi imun yang melonjak tinggi. Sensasi rileks ini juga dihasilkan oleh tekanan darah yang menurun saat tersenyum. Cobalah mengukur tekanan darah sambil tersenyum dan dalam kondisi pikiran yang santai. Tersenyum selama 1 menit dapat membuat tekanan darah lebih rendah dari biasanya.

2. Senyum lebih mudah dari cemberut

Tahukah Anda, diperlukan usaha lebih keras untuk cemberut ketimbang tersenyum. Dibutuhkan otot wajah yang lebih sedikit saat tersennyum ketimbang cemberut. Saat Anda cemberut ada 43 otot yang bekerja, sedangkan untuk tersenyum hanya dibutuhkan 17 otot saja. Makanya, cemberut bisa membuat keriput lebih cepat muncul karena otot terlalu sering berada dalam kondisi tegang.

3. Senyum meghilangkan bad mood

Tersenyum juga bisa membuat Anda terhindar dari bad mood. Hanya dengan sekali senyum, suasana hati Anda akan membaik dari sebelumnya. Bahkan jika senyum dengan terpaksa sekalipun, Anda masih dapat merasa lebih baik dari sebelumnya. Kondisi ini disebabkan oleh dorongan hormon dalam otak yang membuat pikiran jauh lebih positif.

4. Obat alami bagi tubuh

Riset membuktikan, saat Anda tersenyum, tubuh melepaskan endorfin, serotonin, dan senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketiganya membuat pikiran menjadi lebih positif, sekaligus menjadi obat alami bagi tubuh. Maka jangan sepelekan saran untuk memandang hidup dengan pemikiran positif. Terlalu cemas dan panik dengan segala sesuatu hanya akan membuat pikiran tidak karuan.

5. Membuat wajah awet muda

Perhatikan wajah orang-orang paruh baya yang lebih sering cemberut ketimbang tersenyum. Wajahnya memiliki kerut-kerut tanda penuaan di bagian tertentu, khususnya garis bibir dan kening. Banyaknya keriput di kening menunjukkan terlalu sering mengernyitkan dahi tanda marah atau kesal. Bibir yang terlalu sering ditekuk ke bawah juga akan meninggalkan bekas-bekas keriput di pipi, dagu, dan garis bibir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: