5 PENYESALAN TERBESAR PASCAPERCERAIAN

wqPSIKOLOG Dr Terri Orbuch dari University of Michigan mengumpulkan data dari 373 pasangan. Sebanyak 46 persen dari mereka ternyata kemudian bercerai setelah setahun pertama pernikahan. Seperti dilansir The Wall Street Journal, data tersebut menemukan kebanyakan orang yang bercerai mengakui lima penyesalan terkait hal yang tidak pernah mereka lakukan bersama pasangan. Lima penyesalan itu adalah:

1. Tidak mengasihi, menghargai dan menjaga perasaan pasangan
Mereka menyesal tidak menunjukkan cinta, dukungan yang membuat pasangan merasa baik tentang diri sendiri dan menjaga hal-hal menarik dalam hubungan. Misalnya mengatakan, “aku mencintaimu” atau berpegangan tangan.

2. Masalah uang
Uang adalah sumber nomor sati konflik pernikahan. Membicarakan keuangan bukan hanya membahas pajak, tetapi juga utang dan tagihan yang datang.

3. Membahas masa lalu
Untuk menjalin hubungan yang sehat, perlu melepaskan masa lalu. Termasuk cemburu dari hubungan masa lalu pasangan, sensitif atas perlakuan mertua atau obrolan masa kecil yang membuat pikiran galau.

4. Selalu menyalahkan pasangan
Seharusnya mintalah pandangan pasangan tentang masalah yang dihadapi. Dengan mendapatkan perspektif pasangan dan menyatukan dengan perspektif Anda, Anda akan mendapatkan hubungan yang langgeng.

5. Jarang berkomunikasi
Komunikasi sebagai faktor utama menjalin hubungan lebih serius. Cobalah mendengar apa yang dikatakan orang lain, mengulang kembali dalam perkataan apa yang didengar dan menanyakan apakah mengerti apa yang didengar. (*/OL-06)
sumber: mediaindonesia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: