CARA KURANGI STRES USAI LIBURAN

sMENIKMATI liburan pastinya menggembirakan. Namun tidak dapat disangkal stres bisa melanda meskipun liburan terorganisir.

Acara pesta, kumpul-kumpul keluarga dan menyiapkan makanan untuk tamu yang berdatangan akan membuat Anda lelah terlebih karena pembantu mudik. Sebelum emosi dan kekhawatiran mengambil alih, cobalah cara berikut ini untuk menangani stres dan kecemasan:

Identifikasi penyebab spesifik stres dari liburan
Apa faktor utama penyebab stres dan kecemasan yang melanda diri Anda? Apakah keuangan atau ketegangan dengan anggota keluarga tertentu. Kemudian lakukan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah itu. Sisihkan konflik dengan anggota keluarga yang berseteru.

Lepaskan kesempurnaan
Realistis pada diri sendiri. Jangan menempatkan terlalu banyak penekanan pada kesempurnaan. Hidangan tamu dengan makanan yang kiranya mampu Anda sediakan dan tidak berlebihan.

Berbicara dengan teman dekat
Cari waktu luang untuk istirahat dan berkumpul dengan teman terdekat. Ceritakan perasaan-perasaan Anda ke teman yang bisa mendukung dalam suka dan duka.

Biarkan orang lain membantu
Jika kewalahan memasak untuk tamu yang terus berdatangan, ajaklah anggota keluarga untuk membantu. Misalnya anak-anak bisa membantu melakukan tugas sesuai usianya seperti membersihkan atau menyapu lantai. Sementara Anda menyiapkan hidangan. (childparenting.about/*/OL-06)
Sumber: mediaindonesia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: