HINDARI SAKIT JANTUNG PADA PEREMPUAN MENOPAUSE

qMENURUT data statistik di Max Hospital, menyebutkan bahwa perempuan yang telah melewati masa menopause justru lebih rentan terkena penyakit jantung dan lebih sulit sembuh dibanding pria.

Menurut peneliti, risiko serangan jantung salah satunya terjadi akibat menurunnya perlindungan dari hormon estrogen. Mohan Nair, konsultan senior di Max Hospital, menyebutkan, “Anggapan bahwa hanya pria yang mampu terkena penyakit jantung hanyalah mitos. Sebenarnya perempuan yang belum mengalami menopause memiliki perlindungan dari hormon estrogen, sehingga mereka jarang terkena penyakit jantung. Sementara setelah menopause, mereka menjadi lebih berisiko terkena penyakit jantung dibanding pria.â€

Seperti yang dikutip dari Timesofindia Selasa (9/10), ketika mengalami menopause, kekurangan hormon estrogen membuat jantung perempuan menjadi tidak terlindungi. Pada akhirnya akan lebih rentan mengalami sakit jantung dibandingkan perempuan yang belum mengalami menopause.

Dilihat dari data yang ada, peneliti menyebutkan bahwa penyakit jantung memang masih lebih sering dialami oleh pria. Namun akhir-akhir ini, jumlah pasien penyakit jantung menjadi semakin merata antara pria dan perempuan.

Sebagian besar penyebab penyakit jantung pada perempuan adalah gaya hidup. Seperti merokok, pola makan buruk, dan kurangnya olahraga. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar perempuan yang telah mengalami menopause sebaiknya menjaga pola hidup yang baik. seperti olahraga secara teratur, menjaga asupan kolesterol, menjaga tekanan darah normal, mengurangi konsumsi garam dan juga alkohol. (*/OL-06)
Sumber: mediaindonesia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: