HORMON YANG BERKEMBANG DI TUBUH WARIA

wwSEORANG waria bukan hanya memiliki perbedaan dari hal penampilan. Hormon progresteron dan estrogen yang lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan pria pada umumnya dikatakan sebagai salah satu penyebab.

Seperti kita ketahui bahwa kedua hormon tersebut merupakan jenis hormon yang banyak dimiliki oleh kaum perempuan. Sementara itu, hormon testosteron yang terdapat pada pria dan juga salah satu hal yang membedakan pria dan perempuan, jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan pria umumnya

Selain perbedaan jumlah hormon pada pria umumnya, beberapa masalah juga bisa menyebabkan pria menjadi seorang waria. Salah satunya adalah karena faktor psikologis. Hal ini sangat tergantung pada perkembangan jiwa pada saat masih anak-anak dan saat pertumbuhan, seperti trauma, jalinan pertemanan, atau pola asuh yang salah.

Hormon adalah zat kimia pembawa pesan yang bekerja di dalam tubuh. Puluhan hormon yang terdiri dari struktur zat kimia itu saling bekerja sama mengatur fungsi tubuh. Ada dua sumbu utama penghasil hormon di tubuh. Pertama adalah HPG (hipotalamus pituitary gonad) dan yang kedua adalah HPA (hipotalamus pituitary adrenal).

HPG sendiri berasal dari hipotalamus, turun ke hipofisis dan berakhir di gonad (ovarium pada wanita dan testis pada pria). Hormon yang dihasilkan di antaranya adalah Estrogen, Progesteron dan Testosteron. Sedangkan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar anak ginjal (HPA) di antaranya adalah hormon insulin dan kortisol.

Kelainan jumlah hormon juga bisa diakibatkan dari sisi biologis yang terjadi Sejas kecil. Ketidakseimbangan hormon, yaitu estogen dan progesteron yang lebih banyak dari testosteron, pada akhirnya akan menyebabkan seorang pria cenderung lebih feminim, sehingga menjadi lebih condong memiliki sifat dan sikat seperti layaknya perempuan. (berbagai sumber/*/OL-06))
Sumber: mediaindonesia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: