TERAPI HORMON CARA LAIN DAPATKAN ANAK

ttBAGI mereka yang belum mendapatkan anak, selain menjaga pola makan, ada salah satu cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan terapi hormon.

Seperti diketahui, terapi hormon merupakan cara yang dilakukan untuk mengatasi gangguan ketidaksuburan dengan cara penambahan hormon dari luar, jika hormon yang mengatur fungsi reproduksi dalam tubuh manusia mengalami gangguan.

Terapi hormon dilakukan jika hormon yang menghasilkan FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan LH (Luteinezing Hormone) di dalam tubuh kurang. Pasalnya, kekurangan hormon ini membuat perempuan maupun pria tidak subur. Diketahui, jika hormon ini berkurang pada pria, maka akan mempengaruhi jumlah sperma, sedangkan pada perempuan bisa mempengaruhi pembentukan ovulasi atau sel telur. Ada beberapa alasan perlu dilakukannya terapi hormon. Seperti yang dijelaskan berikut ini:

1. Sperma abnormal. Reproduksi manuai akan berpengaruh pada hormon yang dimilikinya. sperma pada pria dan sel telur pada wanita diperlukan untuk terjadinya pembuahan. bila jumlah sperma kurang dari jumlah normal, maka yang bersangkutan perlu diperiksa hormon FSH, LH, atau testosteronnya untuk mengetahui normal atau tidak. Bila benar spermanya abnormal, barulah dilakukan terapi hormon.

2. Dilakukan dengan pemicu kesuburan. Bila hormonnya diketahui tidak normal, maka terapi hormon bisa dilakukan. Pada perempuan, akan diberikan obat anti hormon estrogen atau obat pemicu kesuburan, yang dimaksudkan untuk memicu pengeluaran FSH, dengan metode suntik berkala.

3. Dari urin. Pada pria hormon juga bisa diberikan melalui suntikan. Hormon yang diberikan sesuai kebutuhan. Namun, pada umumnya akan diberikan kombinasi hormon FSH dan juga LH. Selain itu, dalam beberapa kasus, pria juga bisa diberikan hormon prolaktin, yang bila produksinya tinggi, pada pria akan berpengaruh terhadap hormon gonadrotopin, hingga secara tak langsung akan menghambat pembentukan sperma.

4. Inseminasi. Tahap ini dilakukan jika diketahui sperma dan sel telur diketahui dalam keadaan yang baik. Inseminasi bisa dikatakan sebagai salah satu teknik untuk membantu proses reproduksi dengan cara menyemprotkan sperma ke dalam rahim menggunakan kateter atau jarum suntik dengan tujuan membantu sperma menuju letak indung telur sehingga terjadi pembuahan. (berbagai sumber/*/OL-06)
Sumber: mediaindonesia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: