Inilah Rasanya Melahirkan

100_4282Rahim memiliki pekerjaan yang luar biasa ketika proses persalinan. Otot-otot yang ada di rahim secara alami akan mendorong bayi Anda keluar. Persalinan itu sendiri baru benar-benar akan dimulai ketika rahim mulai berkontraksi dan leher rahim terbuka. Setiap kontraksi yang terjadi di rahim Anda akan mendorong bayi ke dalam rongga panggul.

Selama kontraksi, gerakan otot rahim begitu intens dan Anda bisa merasakannya di seluruh tubuh. Perut Anda akan terasa mengeras selama kontraksi dan terasa biasa lagi ketika kontraksi berakhir. Semua gerakan otot rahim, meremas, meregangkan, dan mendorong akan terasa sangat menyakitkan. Bayangkan saja otot-otot lengan, punggung, dan kaki Anda mencoba untuk mendorong mobil ke atas bukit.

Karena persalinan adalah proses yang bertahap, kontraksi akan terjadi lebih sering dan berlangsung agak lama sehingga mengintensifkan rasa sakit. Pada tahap kedua persalinan atau pada pembukaan akhir Anda harus memberikan bantuan kepada rahim. Ketika merasakan kontraksi, Anda harus mengejan sekeras yang Anda bisa untuk mendorong bayi keluar melalui vagina. Mengejan biasanya tidak menyakitkan. Bahkan, banyak perempuan mengalami perasaan lega ketika mereka mengejan. Tapi mengejan adalah hal yang tidak mudah karena Anda harus mengumpulkan semua kekuatan otot untuk membantu mendorong bayi keluar.

Walalupun menyakitkan, tapi perempuan adalah makhluk yang kuat. Bahkan lebih kuat daripada yang Anda bayangkan. Anda pasti mampu menahan rasa sakit itu. Jika rasa sakit sudah tidak bisa Anda tahan, Anda dapat meminta obat penghilang rasa sakit kepada bidan dan dokter.

Pada akhir persalinan semua rasa sakit itu akan sirna saat Anda mendengar tangisan, memeluk dan mencium anak yang telah Anda kandung. Rasa bahagia saat si kecil lahir akan menghilangkan semua rasa sakit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: